Senin, 14 Oktober 2019

GREEN ARCHITECTURE



GREEN ARCHITECTURE

















PENDAHULUAN


  • LATAR BELAKANG
Saat ini dunia dihebohkan dengan maraknya pemanasan global. Bumi yang semakin hari semakin hari semakin memanas menjadi masalah yang sangat besar. Belum lagi buruknya kondisi udara yang diakibatkan polusi mengakibatkan munculnya masalah kesehatan. 

Didalam dunia arsitektur ada yang dikenal sebagai green architecture. Green Architecture adalah arsitektur yang berusaha untuk meminimalkan dampak negatif lingkungan bangunan dengan efisiensi dan moderasi dalam penggunaan bahan, energi, dan ruang pengembangan dan ekosistem secara luas. Green Archtecture menggunakan pendekatan sadar untuk konservasi energi dan ekologis dalam desain lingkungan binaan atau teori, sains dan gaya bangunan yang dirancang dan dibangun sesuai dengan prinsip-prinsip ramah lingkungan. Terdapat tiga prinsip yang harus dipertimbangkan :
  1. Lingkungan
  2. Ekonomi
  3. Sosial 

Arsitek menggunakan beberapa teknik aktif dan pasif yang berbeda untuk mngurangi kebutuhan energi bangunan dan ,eningkatkan kemampuan merekan untuk menangkap atau menghasilkan energi mereka sendiri. salah satu kunci untuk mengeksploitasi sumber daya lingkungan lokal dan energi yang mempengaruhi hubungan dengan faktor-faktor antara lain waktu siang hari, keuntungan panas matahari, dan ventilasi adalah menggunakan analisis situs.

  • TUJUAN
Green Architecture mempunyai beberapa manfaat, anatara lain :
  1. menggunakan energi, air, dan sumber daya lain secara efisien
  2. melindungi kesehatan penghuni dan meningkatkan produktivitas karyawan
  3. mengurangi limbah, polusi, dan degradasi lingkungan ( degradasi mempunyai arti penurunan atau kemrosotan)

  • PERMASALAHAN
Permasalahan dari proses ini adalah cara penerapannya. Banyak sekali orang orang yang masih memikirkan desain sebuah rumah dari segi estetikanya saja tanpa memikirkan hal yang lain lain. Selain itu dari segi materialnya dan yang lain lain, ada beberapa material yang bisa dibilang mahal.


  • METODELOGI
Metode yang digunakan  adalah penelitian dengan studi literatur melalui internet

  • SISTEMATIKA PENULISAN
  1. Latar belakang
  2. Tujuan
  3. Permasalahan
  4. Metodelogi
  5. Tinjauan pustaka
  6. Contoh kasus
  7. Daftar Pustaka

  • TINJAUAN PUSTAKA
Bangunan hijau ( juga dikenal sebagai konstruksi hijau atau banguan hijau atau bangunan berkelanjutan) mengarah pada struktur dan pemakaian proses yang bertangung jawab terhadap lingkungan dan hemat sumber daya sepanjang siklus hidup bangunan tersebut, mulai dari pemilihan tempat desain, konstruksi, operasi, perawatan, renovasi, dan peruntuhan. Praktik ini meperluas dan melengkapi desain banguan klasik dalam hal ekonomi, utilitas, durabilitas, dan kenyamanan. 

Meski teknologi baru terus dikembangkan untuk melengkapi praktik penciptaan struktur hijau saat ini, tujuan utamanya adalah bahwa banguna hijau dirancang untuk mengurangi dampak lingkungan terhadap kesehatan manusia dan ligkungan alami.

Ada konsep sejenis bernama bangunan alami yang biasanya berukuran lebih kecil dan cenderung fokus pada penggunaan bahan alami yang tersedia didaerah sekitarnya. Konsep yang lain yaitu desain berkelanjutan dan arsitektur hijau. Bangunan hijau tidak secara khusu menangani masalah pembaharuan rumah yang sudah ada.

Laporan U.S. General Service Administration tahun 2009 menemukan 12 bangunan yang dirancang secara berkelanjutan membutuhkan biaya yang lebih sedikit untuk beroprasi dan memiliki performa energi yang sangat baik.

  • KASUS BANGUNAN YANG MENGGUNAKAN KONSEP GREEN ARCHITECTURE

(1)Central building Broadway Sydney-1.jpg


ONE CENTRAL PARK adalah gedung serbaguna pemenang penghargaan yang berlokasi di Sydney, Autralia di pinggiran Chippendale. Dikembangkan sebagai usaha bersama antara Frasers Property dan Sekisui House. Gedung ini adalah gedung pertama yang didirikan senagai proyek pertama pembangunan perkotaan Central Park.

Dibangun oleh perusahaan konstruksi sipil dan pertambangan Watpac, One Central Park adalah dua menara komplek yang membentuk bagian dari kawasan Central Park yang besar. 

Kawasan Central Park, yang terletak di lahan hanya kurang dari enam hektar, dirancang untuk memungkinkan pengembangan sekitar 235.000 meter persegi ruang perumahan, komersial, dan ritel. Perkiraan proyek awal mengantisipasi bahwa sekitar 2.200 apartemen tempat tinggal dan 900 tempat tinggal siswa akan dibangun selama 3-10 tahun. 
One Central Park terletak di sudut timur laut kantor polisi, yang terdiri dari total area 6.060 meter persegi. Bangunan itu sendiri terdiri dari 4 di bawah permukaan tanah dan 34 di atas lantai dasar, memungkinkan untuk konfigurasi 623 apartemen di samping 625 ruang parkir mobil.]Ketika diukur dari pangkal bangunan ke titik tertinggi, One Central Park memiliki ketinggian 117 meter. Luas lantai kotor dari total pembangunan tercatat 255.500 m 2 . Di kaki menara adalah area ritel enam tingkat yang menyala secara alami, yang menggabungkan berbagai mode, teknologi, santapan santai, restoran, dan outlet hiburan. 
Sementara Foster dan Rekan, Ateliers Jean Nouvel dan PTW Architects bekerja sama untuk membentuk dasar dari tim arsitektur One Central Park, dua arsitek interior secara terpisah digunakan untuk menara timur dan barat.  Koichi Takada ditugaskan dengan merancang menara timur One Central Park.  Ia memberi apartemennya nuansa organik yang memadukan dedaunan luar dan taman dengan interior kayu.  William Smart dari Smart Design Studios ditunjuk untuk menata menara barat.  Desain Smart, berdasarkan gagasan kemewahan yang berasal dari mobil sport kelas atas dan kapal pesiar motor, menggunakan kurva canggih dan sentuhan akhir mengkilap di apartemen di menara barat. 

  • KESIMPULAN
Greean Architecture merupakan konsep yang sangat baik untuk diterapkan pada rumah atau bangunan dikarenakan manfaat dari konsep itu sendiri. Tetapi masih saja terdapat permasalahan pada konsep ini, misal masih banyak orang yang lebih memikirkan desain dari pada kegunaan. Banyak sekali orang yang masih mempertanyakan cara penerapannya, seperti cara desain agar terlihat aestetik tetapi mempunyau pengaruh yang baik untuk kingkungan sekitar. Walaupun begitu sudah banyak arsitek arsitek yang sudah tau cara penerapannya. Selain penerapannya, beberapa material yang digunakan dalam konsep ini masi ada yang terbilang mahal. 

Dibalik dari permasalahan tersebut, konsep Green Architecture merupakan salah satu cara untuk menyelamatkan bumi ini yang kondisinya semakin memburuk. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar